Penyakit Kanker Bidang Sadap Karet Mouldy Rot

Penyakit mouldy rot, kanker / jamur bidang sadap merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur Ceratocystis fimbriata, dan menyerang bidang sadap tanaman karet, dan menggangu pemulihan kulit sadap pulihan. Penyakit ini banyak terdapat pada daerah yang lembab. Penyakit ini diawali dengan pertanda berupa benang-benang cendawan kelabu muda di daerah sekitar alur sadap. Pada bidang sadap terdapat selaput tipis warna putih. Warnanya akan menjadi semakin gelap kehitaman pada infeksi yang lebih lanjut, dan diikuti oleh busuknya kambium. Luka pada bagian panel sadap akan semakin banyak, dan mengakibatkan bagian kayu menjadi terlihat. Tentunya penyakit ini dapat menurunkan produksi getah, menyebabkan siklus ekonomi jadi lebih pendek. Penyakit ini juga sering dikeluhkan oleh para petani karet rakyat yang memang tidak terlalu menjaga kebersihan kebun (gulma) serta cenderung menyadap terlalu berlebihan.

pengendalian kimiawi Penyakit Kanker Bidang Sadap Karet Mouldy Rot
muldirot (anakagronomy.com)

Beberapa hal yang menyebabkan penyakit mouldy rot / kanker jamur batang sadap diantaranya adalah klon yang memang rentan terhadap penyakit ini, tanaman disadap dengan frekuensi tinggi dan penyadapan yang terlalu dalam bahkan hingga luka kayu, populasi per hektar yang terlalu padat (idealnya satu hektar 550 pokok), daerah lembab, rendahan dan banyak gulma, pisau sadap yang sudah mengandung jamur. Penanaman klon-klon lama seperti GT1 dan AVROS di daerah yang rentan maupun lembab dapat menjadi pilihan untuk mencegah penyakit kanker batang sadap tanaman karet ini.
selaput putih bidang sadap Penyakit Kanker Karet Mouldy Rot
moudi rot (sb:ditjenbun.pertanian.go.id)

Pengendalian penyakit moldi rot kanker bidang sadap secara kimia dapat dilakukan dengan beberapa fungisida untuk penyakit mouldy rot ini yaitu Actidione, Benlate, Derozal, Sportak dan Bayleton. Aplikasinya adalah dengan melumaskan/mengoleskan fungisida tsb langsung ke panel sadap yang terserang oleh moldy rot / kanker batang tanaman karet. Penyadapan dapat tetap dilakukan selama pengobatan.

Fungisida pengendali mouldy rot / kanker bidang sadap tanaman karet
Nama FungisidaDosis Aplikasi %Interval Aplikasi
Benlate0,31-2 minggu
Derosal0,41-2 minggu
Actidione0,41-2 minggu
Sportak0,41-2 minggu
Bayleton 2 AP0,71-2 minggu

Agar penyakit mouldy rot tidak menyebar ke tanaman lain, salah satu pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan dan sterilitas pisau sadap, yaitu dengan mengoles atau mencelup pisau dengan larutan clorox 2 persen. Penting juga untuk tidak menyadap terlalu sering, ideal penyadapan adalah 3 hari sekali. Menjaga kebersihan areal tanaman dari gulma serta pemupukan yang teratur dan sesuai dosis juga dapat menolong untuk pencegahan penyakit.

Klasifikasi jamur penyebab mouldy rot (wikipedia):
Kingdom:Fungi
Division:Ascomycota
Class:Sordariomycetes
Order:Microascales
Family:Ceratocystidaceae
Genus:Ceratocystis
Species:C. fimbriata
Jamur ini merupakan patogen tanaman yang juga menyerang banyak tanaman tahunan dan perenial seperti pada kentang, kopi dan mangga. Penyakit ini juga menyebabkan kematian pada tanaman eukaliptus di Brazil, Kongo dan Uganda. Demikian sekilas informasi tentang penyakit muldirot, kanker/jamur bidang sadap tanaman karet.